CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA



Daftar pustaka adalah daftar beberapa buku yang dijadikan referensi penulisan sebuah buku. Dalam etika penulisan karya ilmiah, daftar pustaka harus dituliskan sebagai bentuk penghargaan kepada penulis buku sebelumnya yang dijadikan referensi. Dengan demikian nilai keilmiahan suatu tulisan ilmiah, dapat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas referensinya.
Ada beberapa kaidah dalam menulis daftar pustaka. Beberapa di antaranya : (a) dituliskan sistematis berdasarkan urutan alfabetis, (b) tidak diurutkan berdasarkan nomor urut, dan (c) titel dan gelar kebangsawanan perlu ditulis.
 Adapun beberapa kaindah lainnya, sebagai berikut :
1.      Jika bersumber  dari Buku
Cara menulisnya :
Nama penulis[tanpa dibalik-titik] spasi tahun terbit[titik] spasi judul buku [cetak miring-titik] spasi kota penerbit[titik dua] nama penerbit.

Contoh:
Johan Wahyudi. 2010. Menjadi Cerpenis. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Catatan :
a.       Jika seorang penulis menggunakan dua atau lebih buku dari penulis yang sama, daftar pustaka ditulis dengan mengurutkan tahun lama ke tahun yang lebih muda. Di bawah nama penulis diberi garis panjang tanpa putus sebanyak 10 spasi. Jika satu baris tidak mencukupi, baris berikutnya dibuat menggantung atau hanging.

Contoh:
Johan Wahyudi. 2009. Menjadi Cerpenis. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
___________. 2010. Terampil Menulis Surat. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.


b.      Jika sebuah buku ditulis dua orang, keduanya ditulis lengkap.

Contoh:
Johan Wahyudi dan Ilham Ahmad Husaini. 2009. Panduan Menjadi Juara. Solo:   Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
c.       Jika sebuah buku ditulis tiga orang atau lebih, hanya penulis utama yang ditulis dengan diikuti dkk (dan kawan-kawan). Penulis utama adalah penulis yang letak namanya berada di kiri atau atas susunan penulis.
Contoh:
Johan Wahyudi, Ilham Ahmad Husaini, dan Muhammad Zuhdi Alghifari. 2009. Panduan Menjadi Juara.Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. (salah).
Johan Wahyudi, dkk. 2009. Panduan Menjadi Juara. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. (benar).
d.      Nama asing dibalik karena nama asing meletakkan nama diri di belakang nama keluarga atau nama marga.
Contoh:
Noam Chomsky. 1997. Introducing of Linguistic. British: Universal Oxford Press Ltd. (salah).
Chomsky, Noam. 1997. Introducing of Linguistic. British: Universal Oxford Press Ltd. (benar).

2.      Jika bersumber  dari Penelitian
a.       Penulisan daftar pustaka yang bersumberkan hasil penelitian atau jurnal tidak mempunyai banyak perbedaan dengan penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku. Perbedaannya hanya meletakkan jenis penelitian dengan diapit tanda kurung.
Contoh:
Johan Wahyudi. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyunting Karangan dengan Penerapan Metode Inkuiri (Tesis). Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
b.      Jika bersumber dari jurnal penelitian, daftar pustaka ditulis sebagai berikut.
Contoh :
Johan Wahyudi. 2009. Meningkatkan Kemampuan Menulis Petunjuk dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah. (Jurnal Bahasa dan Sastra Nomor 05 Volume 1 Tahun III). Samarinda: Balai Bahasa Kalimantan Timur.

3.      Jika bersumber  dari Artikel
Cara penulisannya :
Nama penulis[tanpa dibalik-titik] spasi tahun terbit[titik] spasi judul artikel [cetak miring-titik] spasi dalam [nama media cetak lengkap dengan tanggal, bulan dan tahunnya-titik].

Contoh:
Johan Wahyudi. 2010. Ayo Menulis Buku dalam Majalah Guruku Edisi Juni 2010.

4.      Jika bersumber dari internet
Cara penulisannya :
Nama penulis[tanpa dibalik-titik] spasi tahun terbit[titik] spasi judul artikel [cetak miring-titik] spasi dalam [nama media cetak lengkap dengan tanggal, bulan, tahun, dan waktu mengunduhnya-titik].

Contoh:
Johan Wahyudi. 2010.  Jika Naskah Buku Ditolak Penerbit dalam http://media.kompasiana.com/buku/2011/01/20/jika-naskah-buku-ditolak-penerbit/ diunduh pada Sabtu, 22 Januari 2011 jam 08.12.

Penulis : dwariyanto224 ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA ini dipublish oleh dwariyanto224 pada hari Sabtu, 09 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA
 

0 komentar:

Poskan Komentar